Teknik Penilaian Aspek Sikap Kurikulum 2013 Di SD/MI

Panduan Penilaian SD/MI

Penilaian di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dilakukan dalam berbagai teknik untuk semua kompetensi dasar yang dikategorikan dalam tiga aspek, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Penilaian Aspek Sikap

Contoh muatan KI-1 (sikap spiritual) antara lain :
  1. Ketaatan beribadah 
  2. Berperilaku syukur
  3. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
  4. Toleransi dalam beribadah
Contoh muatan KI-2 (sikap sosial) antara lain : 
  1. Jujur 
  2. Disiplin
  3. Tanggung jawab
  4. Santun
  5. Peduli
  6. Percaya diri
  7. Bisa ditambahkan lagi sikap-sikap yang lain, sesuai kompetensi dalam pembelajaran, misal: kerja sama, ketelitian, ketekunan, dll.
Penilaian aspek sikap dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antarteman, jurnal selama proses pembelajaran berlangsung, dan tidak hanya di dalam kelas.
  • Observasi, merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan format observasi yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Hal ini dilakukan saat pembelajaran maupun di luar pembelajaran.
  • Penilaian Diri, adalah teknik penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan sendiri sebelum ulangan oleh peserta didik secara reflektif. Penilaian diri merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian diri.
  • Penilaian Antarteman atau penilaian teman sejawat, merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkait dengan sikap dan perilaku keseharian peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian antarpeserta didik. Penilaian ini dilakukan secara berkala setelah proses pembelajaran.
  • Jurnal Catatan Guru atau jurnal pendidik, adalah instrumen penilaian yang digunakan untuk menghimpun catatan pendidik di dalam dan di luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku. Jurnal bisa dikatakan sebagai catatan yang berkesinambungan dari hasil observasi.
Demikian Catatan tentang Teknik Penilaian Aspek sikap Kurikulum 2013 Di SD/MI, semoga bermanfaat.(Plt,Gr)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Penilaian Aspek Sikap Kurikulum 2013 Di SD/MI"

Posting Komentar