Surat Izin Tidak Masuk Sekolah/Madrasah dalam Bahasa Jawa

Pada era milenia ini dimana semua serba online, ada satu hal yang sampai saat ini masih bnyak digunakan dengan cara manual yakni surat izin tidak masuk sekolah. Hal ini bisa jadi karena dengan penggunaan manual (kertas) surat ijin ini akan lebih faktual dan terjamin keaslianya karena sudah barang tentu dibubuhi tanda tangan basah oleh siswa yang ijin itu sendiri maupun oleh orang tua atau wali murid yang bersangkutan. 

Surat Izin tidak masuk sekolah biasanya dibuat oleh siswa dengan mengetahui atau ditanda tangani oleh orang tua atau wali murid, namun ada juga sekolah atau madrasah yang membuat aturan bahwa surat izin harus dibuat langsung oleh orang tua atau wali murid.
 
Surat Izin Tidak Masuk Sekolah/Madrasah dalam Bahasa Jawa

Surat Izin tidak masuk sekolah termasuk dalam kategori surat pribadi yang bertujuan untuk memberitahukan dan meminta izin kepada pihak sekolah/madrasah. surat ini dibuat oleh siswa atau orang tua jika sedang berhalangan masuk sekolah dan mengikuti pelajaran entah itu karena alasan sakit, pergi, urusan keluarga maupun urusan lainya. 

Biasanya surat izin tidak masuk sekolah ditulis menggunakan bahasa indonesia dan banyak orang sudah mafhum bagaimana cara membuatnya. Lantas bagaimana jika pihak sekolah/madrasah menghendaki agar surat izin tidak masuk sekolah dibuat dalam bentuk bahasa jawa? Meskipun kita orang jawa namun tak jarang agak bingung juga bagaimana cara menulis surat izin tersebut. 
 
Nah, pada kesempatan ini saya coba bagikan surat izin tidak masuk sekolah/madrasah dalam bentuk bahasa jawa yang dibuat oleh orang tua atau wali murid yang kebetulan anaknya berhalangan untuk masuk sekolah atau madrasah dengan alasan ada urusan keluarga. 

Kunir, 9 Agustus 2019 

Katur
Bapak/Ibu Guru Kelas VIII
MTs Riyadlotul Ulum Kunir 

Assalamualaikum Wr. Wb.
       Kaiiring kaberkahan saking Gusti Allah Ingkang Maha Agung, mugi-mugi kita sedaya tansah kinayungan kasarasan. Amin. Sesarengan serat punika, kula tiyang sepuh/wali murid saking :
 
Nami                 : Tanatsa Lathif
Kelas                 : VIII (Wolu)
Nomor Absen  : 21 

       Maringi pangertosan bilih putri kawulo kasebat, dinten puniko jum'at, 9 Agustus 2019 mboten saget mlebet lan nderek pawulangan amargi wonten perkawis keluarga. Saking puniko mugi Bapak/ibu Guru Kelas VIII kerso maringi izin dumateng putri kawulo. 

       Cekap semanten lan saking kawigatosanipun, kawula aturaken matur sembah nuwun. 
Wassalamu’alaiikum Wr. Wb. 


Salam ta’dzim kawulo,


NASRUDIN LATHIF

Meskipun contoh Surat izin tidak masuk sekolah dalam bahasa jawa tersebut diatas dibuat oleh orang tua namun bisa juga digunakan oleh siswa langsung dengan cara merevisi atau mengganti pada beberapa bagian atau kata-katanya saja. Sekian semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Surat Izin Tidak Masuk Sekolah/Madrasah dalam Bahasa Jawa"

Posting Komentar