KOPDAR Warga Demak FB Community, Disini Kadang Saya Merasa Sedih

Kopdar Warga Demak Facebook Community

Kopi Darat atau yang sering disingkat dengan KOPDAR merupakan sebuah istilah yang mengacu kepada ajang pertemuan antar sesama pengguna yang umumnya sudah saling kenal lewat Internet atau komunikasi radio. Seiring dengan begitu pesatnya perkembangan teknologi terutama mudahnya akses internet dan dengan begitu banyaknya media sosial yang bermunculan maka istilah KOPDAR ini sering sekali kita jumpai.

Sama halnya dengan KOPDAR yang diadakan Oleh Warga Demak Facebook Community yakni sebuah komunitas online yang menggunakan media sosial facebook sebagai media komuikasi dan silaturrahiim di dunia maya yang kemudian ditindak lanjuti dengan adanya pertemuan pada dunia nyata.

Mengisi liburan Hari raya Nyepi Tahun ini, tepatnya tanggal 21 Maret 2015 bertempat di Warung Makan Waroengkoe Demak, segenap jajaran admin Warga Demak FB Community kembali menggelar Kopdar untuk yang kesekian kalinya. Berbeda dengan Kopdar yang telah beberapa kali di laksanakan sebelumnya, pada kopdar kali ini ada hal yang sangat menarik yakni di hadirkannya seorang Dosen universitas Pandanaran beliau Bapak Hasta Mardi Setiawan yag digadang akan memberikan materi dan pengenalan seputar dunia jurnalistik dan fotografi kepada segenap angota yang hadir.

Tepat pukul 09.30 WIB KOPDAR yang dihadiri sekitar 70 anggota Warga Demak FB Community ini, diawali oleh pemandu acara kemudian dibuka langsung oleh Muhammad Fatoni Jenderal admin Warga Demak FB Community. Selain membuka acara Muhammad Fatoni selaku pendiri komunitas ini juga sedikit bercerita asal mula dan tujuan dari didirikanya komunitas ini yang tak lain dan tak bukan adalah sebagai media silaturrahiim.

Foto Bareng Pendiri Warga Demak FB Community
Berkesempatan Foto Bareng dengan Pendiri Warga Demak FB Community
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Demak yang berkenan hadir pada kegiatan kali ini juga menyampaikan sambutanya dan sekaligus memberikan pemaparan mengenai potensi Pariwisata di Kabupaten Demak. Sebagai putra demak asli saya mendengarkan pemaparan beliau dengan seksama sambil sesekali geleng-geleng kepala.

Saya geleng-geleng kepala bukan karena diajak goyang oleh Pak Kepala Dinas, tetapi karena saya baru tahu bahwa ternyata Kabupaten Demak memiliki begitu banyak tempat pariwisata dengan segala keindahan yang dimilikinya. Kalau selama ini tahu saya cuma Masjid Agung Demak dan Makam Sunan Kalijogo di Kadilangu, rupanya masih ada belasan lagi tempat wisata di kabupaten Demak ini yang belum pernah saya ketahui apalagi saya kunjungi.
DISINI KADANG SAYA MERASA SEDIH,...

Dipuncak acara, seperti yang sudah kami singgung diatas bahwa ada hal yang sangat menarik bagi saya yakni pelatihan jurnalistik. Pada sesi ini saya dan segenap anggota yang hadir menerima curahan ilmu dari Wartawan sekaligus Dosen Universitas Pandanaran Hasta Mardi Setiawan yang lebih akrab dipanggil Mas Hasta.

Meski belum sampai pada tahap mengenal jurnalistik secara mendalam karena keterbatasan waktu, saya rasa apa yang disampaikan Mas Hasta pada KOPDAR kali ini cukup memberi kami bekal awal seputar jurnalistik, mulai dari bagaimana teknik penulisan dalam jurnalistik sampai dengan belajar fotografi an lain sebagainya.

Al Hasil, diakhir catatan ini perkenankan saya mengambil kesimpulan bahwa kegiatan-kegiatan semacam ini kedepan sangat layak untuk dikembangkan, jika kali ini mengambil tema jurnalistik mungkin lain kali bisa mengambil tema yang berbeda ataupun bisa juga sama dalam rangka pengembangan dan pendalaman. Selamat kepada segenap rekan-rekan admin Warga Demak FB Community yang menurut saya telah sukses menyelenggarakan acara pada KOPDAR kali ini.

Demikian dan terimakasih bagi segenap pengunjung yang telah meluangkan waktu untuk menyempatkan diri membaca Catatan Pak Lativi Kali ini dan semoga catatan ini ada manfaatnya.(Plt,Gr)

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "KOPDAR Warga Demak FB Community, Disini Kadang Saya Merasa Sedih"

  1. Balasan
    1. Belum tahu mas, kita tunggu info dari bang admin, mungkin masih mencari waktu dan tema yang tepat untuk KOPDAR berikutnya, Terimakasih kunjunganya

      Hapus