Kartini Hidupku, Namamu Kan Selalu Harum Dihatiku

Betapa bahagianya perempuan Indonesia karena pernah memiliki sosok yang telah mendobrak pintu perbedaan antara pria dan wanita, sosok yang kuat dengan pendiriannya dalam berjuang melawan pertentangan dari sebuah adat lama yang pada waktu itu membeda-bedakan antara pria dan wanita. Sehingga hasil dari buah perjuanganya kini telah dirasakan dan dinikmati perempuan Indonesia.

Perempuan yang dilahirkan di Jepara pada tanggal 21 April 1879 yang tak lain dan tak bukan bernama RA Kartini ini memperjuangkan hak kaum wanita yang dimulai dari perjuangan mewujudkan kesempatan yang sama dalam mengenyam pendidikan, beliau sadar betul bagaimana kompleksnya peran seorang wanita dalam kodratnya. 

Seorang wanita berperan penting dalam membentuk keluarga yang baik, mendidik anak dengan baik sehingga menghasilkan generasi yang baik, oleh karenanya perjuangan beliau mengarah kepada upaya menghapus kesenjangan intelektual di antara laki-laki dan perempuan, suami dan istri dalam hal pendidikan karena keduanya sama-sama berperan penting dalam mecetak generasi yang baik.
 
Kartini Hidupku

Sebagaimana bahagianya perempuan Indonesia, begitu pula seharusnya yang saya rasakan, karena dalam perjalanan hidup ini pernah di dampingi oleh seorang sosok perempuan yang tangguh, penuh semangat dalam dunia pendidikan, sosok yang senantiasa menemani, menyayangi, menyemangati, membuat warna yang berbeda dalam mengarungi cerita hidup yang penuh dengan warna, sosok yang tak pernah melupakan kodratnya sebagai ibu dan istri dalam rumah tangga dan yang pasti sosok yang selalu sayang dan ta'dzim terhadap suami. _Aku sayang kamu kartiniku. 

Jika Indonesia memiliki Kartini yang lahir pada tanggal 21 April dan wafat pada bulan September, Kartiniku juga demikian adanya. Sosok yang sudah saya anggap sebagai Kartiniku, lahir pada tanggal 21 April dan telah meninggal pada bulan September. Ini artinya Kartini Indonesia dan kartiniku lahir dengan tanggal dan bulan yang sama serta meninggal pada bulan yang sama pula. Entah kebetulan atau inilah wujud kebesaran Tuhan, SubhanAllah.

Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kartiniku, belas kasihanilah kartiniku, lindungilah kartiniku, muliakanlah tempat kembali kartiniku, lapangkan kubur kartiniku, bersihkanlah kartiniku dengan air, salju dan air yang sejuk.

Ya Allah, Bersihkanlah Kartiniku dari segala kesalahan dan dosa, sebagana Engkau telah membersihkan pakaian putih dari kotoran, dan gantilah rumah kartiniku di dunia dengan rumah yang lebih baik di akhirat serta gantilah keluarganya di dunia dengan keluarga yang lebih baik, dan Masukkanlah Kartiniku ke dalam surga-Mu, Ya Allah lindungilah kartiniku dari siksa kubur atau siksa api neraka, Aamiin

Kartini Hidupku, Namamu Kan Selalu Harum Dihatiku, meski aku tahu dirimu tak lagi di alamku, mohon bantu aku menjaga dan mendidik buah hatimu, LativiGr

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Kartini Hidupku, Namamu Kan Selalu Harum Dihatiku"