Pak Lativi,Gr

Madrasah Teacher Towards Digital Literacy

Madrasah Teacher Towards Digital Literacy (Guru Madrasah Menuju Literasi Digital). Perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat, harus diantisipasi sedini mungkin. Semua memiliki tanggung jawab bagaimana agar peserta didik tidak menjadi manusia yang “dikendalikan”, “diperbudak” oleh teknologi (driven by technology). Hal ini menjadi tantangan bagi Kementerian Agama yang memiliki pendidik/guru agar dapat mengendalikannya dengan cara memperkuat karakter dan kepribadian yang kuat dan dewasa sehingga tidak terbawa arus teknologi yang berbahaya.

Madrasah Teacher Towards Digital Literacy

Pemanfaatan Teknologi Informasi mutlak harus dilakukan oleh guru madrasah. Oleh karena itu, Direktorat GTK Madrasah mendorong Guru Madrasah mengoptimalkan perangkat digital yang telah dimiliki oleh guru mulai dari smartphone sampai perangkat layar touchscreen yang ada di dalam kelas.

Teknologi dan digitalisasi yang tidak hanya memberikan kemudahan, tetapi juga membawa perubahan pada tatanan kehidupan, jutaan masyarakat dunia saat ini sangat bergantung pada teknologi digital. Tentu saja tidak hanya sebagai penunjang, teknologi juga menjadi platform utama bisnis misalnya, ekonomi hingga Pendidikan.
 


Madrasah Teacher Towards Digital Literacy
(Guru Madrasah Menuju Literasi Digital)

Panjatkan syukur padaMU
Pemilik semua duniaku
Untuk Anugerah Ilmu
Yang kau titipkan
Hingga kini ku mampu


Langkahkan kedua kakiku
Kuteruskan titipanmu
Untuk semua muridku
Dengan izin MU
tak sedikitpun ragu


Beramal di dunia nyata
Berakhlaq di dunia maya
Sebarkan ilmu surga ilmu dunia

Beramal di dunia nyata
Berakhlaq di dunia maya
Guru hebat siswa cerdas
madrasah bermartabat

Dunia Pendidikan ke depan ditantang untuk bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi, Pendidikan di era metaverse yang sedang dibangun, menuntut guru dan tenaga kependidikan untuk menggunakan teknologi ke arah pendidikan yang lebih baik tak terkecuali bagi segenap guru/pendidik di madrasah.

Demikian sedikit berbagi mengenai Madrasah Teacher Towards Digital Literacy, semoga ada manfaatnya. (Lativi,Gr)

Posting Komentar untuk "Madrasah Teacher Towards Digital Literacy"