Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung dalam Teks

Indonesia merupakan bangsa yang sangat kaya. Indonesia memiliki beragam suku dan budaya. Kita dapat menambah wawasan tentang keragaman Indonesia dengan membaca atau menyimak informasi yang dibacakan. Kita dapat membaca teks dari buku pelajaran, ensiklopedia, majalah, surat kabar, maupun artikel di internet. Selain itu, kita juga dapat menyimak berbagai berita di media elektronik. 

Teks yang kita baca atau yang kita simak tersusun dari beberapa paragraf. Paragraf adalah beberapa kalimat yang dirangkai dan saling berhubungan membentuk suatu gagasan. Gagasan di dalam paragraf dapat kita cermati dan pelajari.
Gagasan Pokok Teks 
Gagasan pokok adalah topik yang dibahas di dalam teks. Gagasan pokok disebut juga gagasan utama, pikiran utama, atau pokok pikiran. Setiap paragraf hanya memiliki satu gagasan pokok. 

Gagasan pokok paragraf terletak pada kalimat pokok. Kalimat pokok disebut juga kalimat utama atau kalimat inti. Kalimat pokok adalah kalimat yang memuat inti paragraf. Letak kalimat pokok dalam setiap paragraf berbeda-beda. Kalimat pokok dapat diletakkan di awal, akhir, maupun gabungan awal dan akhir paragraf.

Berikut ciri-ciri kalimat pokok paragraf :
  • Mengandung inti masalah atau hal yang dibahas pada paragraf; 
  • Dapat berdiri sendiri tanpa dihubungkan dengan kalimat lainnya;
  • Tidak membutuhkan kata hubung sebagai penghubung antarkalimat;
  • Jika terletak di akhir paragraf, kalimat pokok ditandai dengan kata kunci yang menunjukkan kesimpulan. Kata kunci tersebut meliputi "sebagai kesimpulan”, “oleh karena itu”, “jadi”, “oleh sebab itu”, dan “dengan demikian”.
Gagasan Pendukung Teks 
Setiap paragraf juga memiliki gagasan pendukung. Gagasan pendu- kung adalah gagasan yang mendukung gagasan pokok. Satu gagasan po- kok biasanya akan diikuti oleh beberapa gagasan pendukung. 

Gagasan pendukung terletak pada kalimat-kalimat pendukung. Ka- limat pendukung merupakan kalimat yang mendukung kalimat pokok. Berikut ciri-ciri kalimat pendukung suatu paragraf :
  • Merupakan penjelasan atau rincian dari kalimat pokok.  
  • Tidak dapat berdiri sendiri tanpa kalimat lainnya.  
  • Terkadang membutuhkan kata hubung sebagai penghubung antar- kalimat.
  • Menentukan Gagasan pada Teks Tertulis 

Kita sudah mengenal gagasan pokok dan gagasan pendukung. Kita bisa mulai belajar menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam teks tertulis. Sebelumnya, kita harus mengetahui cara menentukan gagasan-gagasan pada teks tertulis. 

Cara Menentukan Gagasan pada Teks Tertulis : 
  1. Kita baca dengan cermat setiap kalimat dalam satu paragraf; 
  2. Kita tentukan kalimat pokok paragraf; 
  3. Kita tentukan gagasan pokok paragraf dengan menjawab per-tanyaan "apa yang sedang dibahas?”; 
  4. Kita tentukan gagasan pendukung dari kalimat pendukung dalam setiap paragraf; 
  5. Kita ulangi langkah satu sampai dengan empat untuk setiap paragraf dalam teks. 
Selanjutnya, kita akan mencoba menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan membaca teks berikut. Teks yang akan kita baca terdiri dari tiga paragraf. Ayo, kita baca setiap paragraf dengan cermat. 

Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung dalam Teks

Setelah membaca, kita tahu inti dari teks tersebut adalah kegiatan pawai budaya di lingkungan tempat tinggal Dondo. Sekarang, kita bisa menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf. Kita bisa belajar dengan mengamati contoh berikut. Silahkan klik tautan dibawah ini untuk mengetahui gagasan pokok dan gagasan pendukung pada tiap paragraf dalam teks bacaan "Pawai Budaya".

Demikian catatan sederhana tentang materi Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung dalam Teks, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung dalam Teks"

Posting Komentar