Dasar-Dasar Pertimbangan Dalam Pengembangan Kurikulum

Kurikulum dapat dipahami sebagai semua pengalaman yang diperoleh oleh peserta didik dari proses pembelajaran baik didalam kelas maupun diluar kelas. Pengalaman tersebut sangatlah penting dan tidak boleh menyesatkan peserta didik, maka kurikulum harus disusun sebaik mungkin agar diperoleh hasil pendidikan sebagaimana yang telah digariskan pada tujuan pendidikan nasional. 

Dasar-Dasar Pertimbangan Dalam Pengembangan Kurikulum

Agar Kurikulum tersusun dengan baik dan sesuai dengan harapan tujuan pendidikan maka ada beberapa faktoryang harus dipertimbangkan dalam penyususnan dan pengembanganya. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah :

1. Faktor Peserta Didik 
Menurut teori psikologi perkembangan bahwa setiap anak mempunyai tempo dan irama perkembangan sendiri-sendiri. Oleh karenanya dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum hendaknya perlu memperhatikan adanya perkembangan psikologi peserta didik yang tidak sama tersebut. 

Selain mempertimbangkan tempo dan irama perkembangan peserta didik, sekurang-kurangnya ada lima asas yang perlu dipertimbangkan secara mendasar, yaitu :
a. Asas psikologis
b. Asas paedagogis
c. Asas sosiologis
d. Asas psikologi belajar
e. Asas organisatoris.

2. Faktor Materi Pelajaran
Berkenaan dengan materi pelajaran, Schubert dalam bukunya Curriculum, Perspective, Paradigm, and Passibility, menjelaskan bahwa materi kurikulum harus mengikuti perkembangan jaman, dengan demikian kurikulum sekolah dapat memenuhi kebutuhan hidup peserta didik.

3. Faktor Pendidik
Peran Guru dalam pembelajaran sangatlah penting. Baik tidaknya pelaksanaan tugas guru akan sangat menentukan keberhasilan pendidikan. Oleh sebab itu maka faktor ini tidak bisa dibaikan manakala menyususn dan mengembangkan kurikulum.

4. Faktor pendekatan dan cara mendidik
Pendekatan atau cara dapat dipandang sebagai dua hal yang mirip atau hampir sama. Oleh karena kurikulum adalah sesuatu yang direncanakan sebagai pegangan bagi guru untuk mencapai tujuan pendidikan maka dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum juga harus menyesuaikan dengan pendekatan dan cara mendidik.

Demikian sekilas mengenai  Dasar-Dasar Pertimbangan Dalam Pengembangan Kurikulum, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dasar-Dasar Pertimbangan Dalam Pengembangan Kurikulum"

Posting Komentar