Buku Menjadi Orang Tua Hebat untuk Keluarga Anak Usia Sekolah Dasar

Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi proses perkembangan anak sekaligus merupakan fondasi bagi pembentukan karakter mereka. Pendidikan berawal dari keluarga dan orang tua merupakan guru sekaligus panutan utama bagi anak.

Dalam berinteraksi dengan anak, segala ucapan, sikap, dan perilaku orang tua akan
terekam dalam benak anak sebagai dasar pijak sikap dan perilaku mereka.

Pendidikan keluarga merupakan kunci keberhasilan dalam menciptakan generasi penerus
bangsa yang unggul dan memiliki karakter religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. Kerja sama yang baik antara keluarga dan satuan pendidikan akan sangat mendukung kemajuan pendidikan anak kita. 

Buku Menjadi Orang Tua Hebat untuk Keluarga Anak Usia Sekolah Dasar

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah menerbitkan sebuah buku dengan judul Menjadi Orang Tua Hebat untuk Keluarga Anak Usia Sekolah Dasar. Buku ini diharapkan dapat menjadi bahan bacaan dalam mendampingi anak dan menjalin kerja sama dengan pihak satuan pendidikan.
Silahkan unduh bukunya DISINI
Berbagai hal baru yang anak-anak kita pelajari pada jenjang Sekolah Dasar ini membuat mereka memiliki rasa ingin tahu yang begitu besar. Mencoba memberikan penjelasan sederhana atas pertanyaan pertanyaan yang mereka ajukan merupakan hal yang sangat bijak untuk dilakukan. Pendampingan berupa komunikasi dan diskusi hangat antara Ayah Bunda dengan anak-anak merupakan cara-cara yang positif untuk mengasah kemampuan berpikir mereka.

Menemu kenali minat dan bakat anak sejak dini juga merupakan kesempatan yang kita miliki pada masa ini. Dengan begitu, sebagai orang tua kita dapat memberikan dukungan yang sesuai dengan kesenangan anak kita. Hal ini menjadi modal besar untuk anak-anak kita berkembang di bidang-bidang yang mereka gemari sehingga sukses di kemudian hari. Masa Sekolah Dasar juga merupakan masa yang menentukan untuk melakukan pembiasaan dan pembudayaan budi pekerti agar menumbuhkan perilaku positif anak yang menetap.

Pendampingan orang tua pada masa-masa sekolah dasar sangatlah penting. Walaupun para pendidik di sekolah punya peran besar, keluarga tetap merupakan yang pertama dan utama dalam membantu anak-anak kita mengembangkan diri dan mewujudkan potensi mereka.

Selain untuk mengasah kecerdasan, peran orang tua yang tidak kalah penting adalah menumbuhkan budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari. Caranya adalah melalui metode ACB, yaitu Ajarkan, Contohkan, dan Biasakan.

Buku Menjadi Orang Tua Hebat untuk Keluarga Anak Usia Sekolah Dasar ini merupakan pegangan bagi orang tua yang dipersiapkan Pemerintah sebagai upaya meningkatkan partisipasi pendidikan anak, baik di satuan pendidikan maupun di rumah.

Buku ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa dievaluasi, diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman.

Semoga kita mampu membimbing anak-anak kita menjadi orang yang berguna bagi nusa, bangsa, dan negara._Lativi,Gr

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buku Menjadi Orang Tua Hebat untuk Keluarga Anak Usia Sekolah Dasar"

Posting Komentar