Pak Lativi,Gr

Menjadi Orang Tua Hebat untuk Keluarga Anak Usia SMA/MA/SMK

Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi proses perkembangan anak sekaligus merupakan fondasi bagi pembentukan karakter mereka. Pendidikan berawal dari keluarga dan orang tua merupakan guru sekaligus panutan utama bagi anak.

Dalam berinteraksi dengan anak, segala ucapan, sikap, dan perilaku orang tua akan
terekam dalam benak anak sebagai dasar pijak sikap dan perilaku mereka.

Pendidikan keluarga merupakan kunci keberhasilan dalam menciptakan generasi penerus
bangsa yang unggul dan memiliki karakter religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. Kerja sama yang baik antara keluarga dan satuan pendidikan akan sangat mendukung kemajuan pendidikan anak kita. 

Menjadi Orang Tua Hebat untuk Keluarga Anak Usia SMA/MA/SMK

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah menerbitkan sebuah buku dengan judul Menjadi Orang Tua Hebat untuk Keluarga Anak Usia SMA/MA/SMK. Buku ini diharapkan dapat menjadi bahan bacaan dalam mendampingi anak dan menjalin kerja sama dengan pihak satuan pendidikan.
Silahkan unduh bukunya DISINI
Pada jenjang SMA/MA/SMK ini anak-anak kita membutuhkan pendampingan pendidikan karir untuk memetakan masa depan. Di satu sisi, anak-anak sudah mulai merasa dirinya dewasa, sehingga Ayah Bunda sudah mulai dapat memberikan kepercayaan kepada mereka untuk mengeksplorasi pilihan dan belajar bertanggung jawab atas pilihan tersebut.

Di sisi lain, anak-anak kita sudah mudah mendapatkan berbagai macam informasi dari dunia yang sudah tidak memiliki batas jarak dan waktu, sehingga pendampingan dan komunikasi terbuka sangat diperlukan untuk mendukung kebutuhan pendidikan mereka. Dalam membantu anakanak kita dalam merencanakan karir, ingatkanlah bahwa orang sukses adalah mereka yang berkarakter, jeli melihat kesempatan, dan memiliki etos kerja serta integritas yang tinggi. 

Meskipun tampaknya anak-anak sudah “cukup besar”, sesungguhnya mereka masih sangat membutuhkan pendampingan dari Ayah dan Bunda dalam menghadapi tantangan zaman. Mereka sangat membutuhkan pendampingan dari orang tua dalam menghadapi berbagai tantangan zaman, seperti pornograf, narkoba, dan penyimpangan seksual.

Ayah dan Bunda yang baik, tidak semua kebutuhan pendidikan anak kita dapat dipenuhi oleh sekolah. Keterlibatan Ayah dan Bunda dalam pendidikan anak kita di rumah dan di sekolah akan sangat membantu kemajuan pendidikannya. Kerja sama yang baik antara Ayah dan Bunda dengan pihak sekolah akan mengantarkan kesuksesan anak kita dalam meraih cita-citanya. 

Untuk anak usia SMA/SMK, pendampingan yang dibutuhkan berupa dialog (bertukar pikiran), edukasi (pengajaran dan contoh), dan fasilitasi (memberikan kesempatan untuk mencoba hal yang baru). Cara ini disebut dengan metode DEF, yaitu Dialog, Edukasi, Fasilitasi.

Buku Menjadi Orang Tua Hebat untuk Keluarga Anak Usia SMA/MA/SMK ini merupakan pegangan bagi orang tua yang dipersiapkan Pemerintah sebagai upaya meningkatkan partisipasi pendidikan anak, baik di satuan pendidikan maupun di rumah.

Buku ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa dievaluasi, diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman.

Semoga kita mampu membimbing anak-anak kita menjadi sosok yang berguna bagi agama, nusa, bangsa, dan negara._Lativi,Gr

Posting Komentar untuk "Menjadi Orang Tua Hebat untuk Keluarga Anak Usia SMA/MA/SMK"